Toto

Bidang mimpi membuat harapan tetap hidup

Superstar sepak bola Lionel Messi dan rekan satu timnya membawa pulang gelar Piala Dunia FIFA ketiga Argentina setelah pertandingan menakjubkan melawan Prancis.

Itu adalah salah satu pertandingan terbesar dalam sejarah Piala Dunia.

Sebelum kickoff, beberapa orang menyamakan pertandingan itu dengan Messi vs Mbappe – baik Messi maupun Kylian Mbappe dari Prancis dianggap sebagai pemain sepak bola terhebat di zaman kita.

Tapi pertandingan itu lebih dari itu, menawarkan banyak bahan untuk dipikirkan.

Saluran Standar

Selengkapnya>>
Tirai Piala Dunia Qatar diangkat di tengah banyak kontroversi.

Pertama, ada protes internasional terkoordinasi yang mendukung hak-hak LGBTQ. Kemudian tiba-tiba datang larangan bir yang membuat pejabat FIFA lengah mengingat Data SDY sepak bola dan bir adalah elemen tradisi yang tidak dapat dipisahkan.

Namun seiring berjalannya turnamen tanpa bir yang ditawarkan, orang-orang dengan cepat menyadari dan menerima bahwa, di bagian dunia ini, apa yang menjadi tradisi di satu tempat belum tentu menjadi tradisi di tempat lain.

Maju cepat ke final di Stadion Lusail pada hari Minggu di mana Messi dan Mbappe telah menunggu untuk mengklaim kejayaan tertinggi dalam acara mendebarkan ini, yang pada saat itu telah melihat Maroko membuat sejarah dengan menjadi negara Afrika pertama yang mencapai perempat final.

Pada akhirnya, Mbappe dianugerahi Sepatu Emas namun Messi memimpin Argentina merebut trofi Piala Dunia yang terbuat dari emas 18 karat.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mencoba menghibur Mbappe yang terlantar – tapi itulah hidup, bukan? Siapa yang tidak pernah mengalami kekecewaan pahit?

Kemenangan ini merupakan perjalanan roller-coaster bagi Argentina – termasuk banyak penggemar yang telah memesan penerbangan khusus ke Qatar untuk menyaksikan final secara langsung.

Argentina memimpin di babak pertama, dengan Prancis mengejar tepat pada waktunya. Bermain imbang 3-3 setelah perpanjangan waktu, Argentina menang 4-2 melalui adu penalti.

Seperti dalam hidup, tidak ada yang dijamin – keunggulan awal mungkin menawarkan momen kegembiraan tetapi permainan belum berakhir sampai peluit dibunyikan.

Jadi prasangka tentang apa yang disebut “menang di garis start” adalah mitos – ini juga tentang semua tendangan yang terus kita lakukan saat kita belajar untuk hidup di saat ini.

Sebelum pertandingan, Messi sudah menjadi pahlawan Argentina, mengikuti jejak Diego Maradona.

Dia adalah mimpi hidup bagi Argentina yang, setelah merayakan kemenangan, kini harus kembali ke kenyataan hidup dengan hiperinflasi 100 persen.

Amerika Selatan tampaknya telah dikutuk secara ekonomi.

Namun, ironisnya, benua tersebut telah Pengeluaran SDY  menghasilkan beberapa pemain sepak bola terhebat di dunia, dengan Pele dari Brasil menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan tiga Piala Dunia FIFA.

Negara-negara terbelakang secara ekonomi ini telah menghasilkan lebih banyak pemain hebat daripada rekan-rekan mereka yang maju.

Mungkin sepak bola telah memberi mereka mimpi dan, dengan mimpi ini, orang berusaha mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.

Messi telah membantu Argentina menghidupkan kembali impian mereka.